Minggu, 06 November 2016

laporan Kunjungan financial expo _ojk

KUNJUNGAN FINANCIAL EXPO DI KANTOR LEMBAGA OJK
(OTORITAS JASA KEUANGAN)





Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Pada Semester 5 Program Diploma III

Disusun Oleh :
                                               Lya  Ariska Chandra     (11143068)



Jurusan Komputerisasi Akuntansi
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika
TEGAL
2016






KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang atas segala rahmat dan hidayah-NYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai pembuatan makalah KUNJUNGAN FINANCIAL EXPO DI KANTOR LEMBAGA OJK (OTORITAS JASA KEUANGAN)
 Kami menyadari bahwa dalam menyelesaikan Laporan KKP ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak secara langsung maupun tidak langsung, maka pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Laporan KKP ini. Adapun pihak-pihak yang telah membantu :
1.   Bapak Ir. Naba Aji Notoseputro selaku Direktur AMIK BSI
2.   Bapak Warjiono M.Kom selaku Kepala Cabang AMIK BSI TEGAL
3.    Bapak Dany Pratmanto M.Kom sebagai dosen PA .
4.    Staff/Karyawan/dosen dilingkungan AMIK BSI Tegal
5.    Orang tua tercinta yang telah memberi dorongan kepada saya
6.    Serta rekan-rekan yang ikut memberikan bantuannya dalam pembuatan laporan kunjungan  ini, khususnya AK 5.
Saya menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan makalah ini masih terdapat kekurangan baik dalam hal penulisan, pembahasan, susunan laporan, tata bahasa, maupun materi yang disajikan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan agar lebih bermanfaat bagi semua pihak.
Penulis harapkan laporan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi penulis sendiri atau orang lain, serta dapat memberikan sumbangsih pemikiran dalam dunia ilmu pengetahuan, khususnya program studi Komputerisasi Akuntansi.

Tegal,     Oktober 2016

(Penulis)




DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUDL LAPORAN.................................................................................. I
KATA PENGANTAR.................................................................................................... II
DAFTAR ISI.................................................................................................................. III
BAB I PENDAHULUAN.......................................................................................... ...4
1.1     Tujuan..................................................................................................... .........4
1.2     Manfaat............................................................................................................ 4
BAB II PEMBAHASAN.............................................................................................. 5
2.1 Waktu Pelaksanaan................................................................................................... 5
2.2 Rundown Acara........................................................................................................ 5
2.3 Materi Kunjungan..................................................................................................... 5
2.3.1 Sistem Informasi Perusahaan.......................................................................... 5
2.3.2 Dokumentasi ( photo Expo & kunjungan)...................................................... 11
BAB III PENUTUP....................................................................................................... 12
3.1 Kesimpulan............................................................................................................... 12
3.2 Saran......................................................................................................................... 12






BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Maksud dan Tujuan
Diadakan Kunjungan Industri bertujuan untuk :
1.  Memberi wawasan informasi serta memperbanyak pengetahuan
2.  Untuk memenuhi tugas dosen PA sebagai nilai tambahan Ujian Akhir Semester 5 (UAS).
3.     Untuk mengenalkan dan memberi informasi yang lebih tentang sektor keuangan yang ada, bisinis dan ekonomi keuangan sekarang.
4. Memotivasi mahasiswa untuk belajar berinvestasi /bisnis diusia muda, agar bisa menghasilkan walupun masih belajar.

1.2 Manfaat Kunjungan
   1.  Menjadi lebih mengetahui tentang perkembangan keuangan yang ada.
   2. Mahasiswa mendapat lebih banyak informasi dan pengetahuan dari otoritas jasa keuangan (Ojk) secara langsung mengenai keuangan dari berbagai jenis sumber-sumber Instansi/Perusahaan yang dibidang jasa keuangan.
 3.  Dapat mengetahui kedisiplinan dan tata tertib yang tegas di dunia kerja.













BAB II
PELAKSANAAN

2.1 Waktu Pelaksanaa
Kunjungan Financial Expo yang dilakukan AMIK BSI TEGAL dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2016. Tempat pelaksanaan kunjungan Industri di laksanakan Di Kantor OJK ( Otoritas Jasa Keuangan) di Jalan  Jend. Sudirman No.2, Randugunting, Tegal Selatan. Dimulai pada jam 13.00 WIB di halaman kantor OJK (Otoritas Jasa Keuangan) ampai dengan selesai acara.

2.2 Rundown Acara
Hari/Tanggal
Waktu
Kegiatan


Senin, 31 Oktober 2016
12:30 – 13:00
Persiapan pemberangkatan
13:00 – 13:30
Mulai acara , hiburan musik
13:30 – 14:00
Pengenalan OJK
14:00 – 14:15
Tanya jawab
14:15 – 15:30
Materi dan seminar
15:30 – 15:45
Pengundian kupon dan Tanya jawab
15:45 – 16:00
Hiburan live Dj
16:00 – 16:15
Penutup, selesai


2.3 Materi Kunjungan
2.3.1 Sistem Informasi Perusahaan
1. Dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK
Pembicara : Pak Zam Zam ( Ketua Pelaksana Kunjungan Financial Expo )
a.      Latar Belakang Pembentukan OJK
Otoritas Jasa Keuangan atau lebih dikenal dengan istilah OJK, adalah sebuah lembaga pengawasan jasa keuangan yang independen dan mengawasi industri perbankan, pasar modal, reksadana, perusahaan pembiayaan, dana pensiun dan asuransi. Tujuan dibentuknya OJK yaitu untuk mengatasi kompleksitas keuangan global dari ancaman krisis, menghilangkan penyalahgunaan kekuasaan, dan mencari efisiensi di sektor perbankan dan keuangan lainnya.


Keberadaan Otoritas Jasa Keuangan (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai suatu lembaga pengawasan sektor keuangan di Indonesia yg perlu diperhatikan, karena ini harus dipersiapkan dengan baik segala hal untuk mendukung keberadaan Otoritas Jasa Keuangan tersebut. Pada dasarnya OJK mempunyai fungsi dan tujuan dalam pembentukannya, seperti yang sudah dijelaskan dalam pengertian OJK sendiri

b.     Tujuan &  Fungsi  OJK
Tujuan Otoritas jasa Keuangan (OJK):
1.      Terselenggara secara teratur,adil,transparan dan akuntabel.
2.      Mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, dan
3.      Mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Fungsi Otoritas Keuangan (OJK):
       Otoritas Jasa Keuanagn (OJK) mempunyai fungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan disektor jasa keuangan.

c.       Tujuan dalam pembentukan OJK:
1.          Untuk mencapainya, BI dalam melaksanakan kebijakan moneter secara berkelanjutan, konsisten, dan transparan dengan mempertimbangkan kebijakan umum pemerintah di bidang perekonomian.
2.          Mengatasi kompleksitas keuangan global dari ancaman krisis.
3.          Menciptakan satu otoritas yang lebih kuat dengan memiliki sumber daya manusia dan ahli yang mencukup

d.      Tugas OJK
     Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempunyai tugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan disektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB.

 e. Nilai – nilai Ojk
·         Integritas
Bertindak objektif, adil, dan konsisten sesuai dengan kode etik dan kebijakan organisasi dengan menjunjung tinggi kejujuran dan komitmen.  
·         Profesionalisme
Bekerja dengan penuh tanggung jawab berdasarkan kompetensi yang tinggi untuk mencapai kinerja terbaik.

·         Sinergi
Berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal secara produktif dan berkualitas.

·         Inklusif
Terbuka dan menerima keberagaman pemangku kepentingan serta memperluas kesempatan dan akses masyarakat terhadap industri keuangan.
·         Visioner
Memiliki wawasan yang luas dan mampu melihat kedepan serta dapat berpikir di luar kebiasaan.

2.      BPJS Ketenagakerjaan
Badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) adalah badan hukum publik yang bertanggungjawab kepada presiden,dan diawasi/bekerjasama dengan OJK. Program bpjs ketenagakerjaan antara lain:
1.      Program Jaminan hari tua
Manfaat Jaminan hari tua adalah berupa uang tunai yang besarnya merupakan nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya, yang dibayarkan secara sekaligus apabila :
1.      Peserta mencapai usia 56 tahun
2.      Meninggal dunia
3.      Cacat total tetap
2.      Jaminan pensiun
Jaminan pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan/atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.
Manfaat pensiun adalah sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia
3.      Jaminan kematian
  Memberikan manfaat uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja


4.      Jaminan kecelakaan
Memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.


3.      Pegadaian
Pengadaian merupakan lembaga keuangan bukan bank yang memberikan kredit dengan masyarakat dengan cara khusus yaitu hukum gadai . Menurut hukum gadai calon peminjam mempunyai kewajiban untuk menyerahkan hartanya sebagai jaminan kepada pihak pengadaian. Dalam hukum tersebut juga termuat pembelian hak kepada pengadaian untuk melakukan penjualan (lelang) atas jaminan tersebut apabila batas waktu pemberian pinjaman sudah habis dan peminjam tidak menebus jaminannya.
Pegadaian bukan saja untuk tempat pegadaian, tetapi juga memiliki produk lainnya. Salah satu produknya yaitu tabungan emas.

Tabungan Emas
Adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasu emas.

Keunggulan:
1.      pembelian emas dengan harga terjangkau (mulai dari berat 0,01 gram).
2.      Layanan petugas yang profesional.
3.      Alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio aset
4.      Mudah dan cepat dicairkan untuk memenuhi kebutuhn dana Anda.

4.      Bank Sinar Mas
1.      Pasar modal 
  Merupakan kegiatan yang mempertemukan pihak yang saling membutuhkan dana keuangan jangka panjang yang bisa diperjual belikan, baik dalam bentuk utang ataupun modal sendiri. sektor keuangan yang diperjualbelikan di pasar modal seperti saham, obligasi, waran, right, obligasi konvertibel, dan berbagai produk turunan (derivatif) seperti opsi (put atau call).


Jenis – jenis pasar modal
1.   Pasar perdana adalah penjualan perdana efek atau penjualan efek oleh perusahaan yang menerbitkan efek sebelum efek tersebut dijual melalui bursa efek. Pada pasar perdana, efek dijual dengan harga emisi, sehingga perusahaan yang menerbitkan emisi hanya memperoleh dana dari penjualan tersebut.
2.  Pasar sekunder adalah penjualan efek setelah penjualan pada pasar perdana berakhir. Pada pasar sekunder ini harga efek ditentukan berdasarkan kurs efek tersebut. Naik turunnya kurs suatu efek ditentukan oleh daya tarik menarik antara permintaan dan penawaran efek tersebut. Bagi efek yang dapat memenuhi syarat listing dapat menjual efeknya di dalam bursa efek, sedangkan bagi efek yang tidak memenuhi syarat listing dapat menjual efeknya di luar bursa efek.

                3. Bursa paralel merupakan pelengkap bursa efek yang ada. Bagi perusahaan yang menerbitkan efek yang akan menjual efeknya melalui bursa dapat dilakukan melalui bursa paralel. Bursa paralel diselenggarakan oleh Persatuan Perdagangan Uang dan Efek-efek (PPUE).

Manfaat Pasar Modal
Manfaat melakukan investasi di pasar modal dapat dipandang dari sisi pemodal (yang membeli sekuritas) dan  dari sisi  emiten (yang menerbitkan sekuritas).

2.      Perusahaan Sekuritas
  Sekuritas  adalah sebuah dokumen yang mengidentifikasi hak atau klaim atas asset dan setiap aliran kas mendatang yang diperoleh perusahaan. Sedang portofolio merupakan sekumpulan dari sekuritas.
Istilah sekuritas mempunyai pengertian yang luas. Tidak saja terbatas pada saham atau obligasi saja, surat pembelian mobil atau sertifikat tanah bisa masuk dalam pengertian sekuritas.

Jenis – jenis sekuritas
1.      Sekuritas jangka pendek
Adalah sekuritas yang memiliki umur kurang dari 1 tahun.
    a.  Sertifikat Deposito, selain sertifikat deposito, dalam prakteknya terdapat 2 jenis   deposito lagi, yaitu  deposito berjangka dan deposit on call
     b.   Surat berharga pasar modal : Promes ,wesel

  2.      Sekuritas jangka panjang
Adalah sekuritas yang memiliki umur lebih dari 1 tahun atau 1 siklus akuntansi, sekuritas jangka panjang ini terdiri dari sebagai berikut :
     1.      Obligasi, obligasi sendiri dapat diterbitkan oleh pihak seperti pemerintah dan swasta
2.      Saham, saham dapat berupa saham biasa dan saham preferen.

2.3.2        Dokumentasi (Photo Expo & Kunjungan)




 











BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
OJK atau Otoritas Jasa Keuangan merupakan suatu lembaga yang dibentuk untuk menjalankan,mengawasi,melindungi dan mengatur sistem keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan .

      3.2 Saran
 Kunjungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini sangat baik untuk mahasiswa, ataupun masyarakat umum karena dengan adanya financial expo masyarakat akan lebih mengerti dan dapat menambah wawasan dalam sektor keuangan.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar